The Half Mask by Deasylawati P.

the half mask

Selama ini tidak ada yang pernah menyebut-nyebut lagi tentang eternal chain. Bisa dipastikan, kaulah yang pertama sejak enambelas penelitian itu dimulai. Sangat mungkin orang yang menyerangmu adalah orang yang menghendaki penelitian itu tidak pernah muncul lagi (Mohammed~h. 92)

Eternal chain, sebuah penelitian yang menjadi awal malapetaka yang menimpa kakak beradik, Fathan dan Sara. Fathan bersama sahabatnya, Karl, ingin menguak penelitian lama yang menyimpan misteri kematian kedua orangtua dan penculikan adiknya. Tapi, kerahasiaan penelitian tersebut bocor hingga menyebabkan penjahat masa lalu mulai mengincar nyawa siapapun yang berkaitan dengan penelitian tersebut.

The Half Mask, pembunuh berdarah dingin yang mulai meresahkan, pun diutus untuk memusnahkan Fathan beserta semua buktinya. Tapi, di sisi lain, sosok The Half Mask yang menggemparkan Jerman, menyimpan tekanan jiwa. Penderitaan masa kecil yang berusaha dipendamnya dalam-dalam dan bayangan korban-korban yang dibunuhnya mulai merongrong batinnya. Kematian menjadi kawan sekaligus lawan.

Dia sudah mati. Sekarang kau tidak punya teman lagi dan kau tidak akan punya teman lagi. Aku membunuh orang ini untuk membuatmu kuat, Nak. (Schneider~h. 112)

Keyakinan … aku justru berharap dapat memiliki sebuah keyakinan yang dapat membuatku keluar dari lingkaran setan. Apakah aku dipaksa untuk membunuh? Kenyataannya, aku melakukannya dengan suka rela. Aku segera membunuh targetku begitu perintahnya tiba. Ya, aku membunuh orang-orang itu dengan kesadaran penuh! (Rheme~h. 139)

Latar belakang tempat oleh penulis dengan baik melalui perjalanan Sara yang diceritakan sedang mengunjungi kakaknya, Fathan, di Jerman. Misteri sosok The Half Mask diceritakan dengan selingan deskripsi kerapian dan warna-warni kota Jerman. Tak hanya itu, yang menarik dari The Half Mask adalah memadukan unsur religi islam ke dalam cerita. Paduan yang baru pertama saya temukan sepanjang membaca novel-novel thriller.

Meski untuk saya, misteri ceritanya terbaca, tapi adanya sosok bayangan The Half Mask dan kejutan di bagian akhir cerita di luar dugaan. Kejutan yang masih menyimpan misteri, sehingga wajar jika sekuelnya sangat dinantikan.

Judul: The Half Mask
Penulis: Deasylawati P.
Editor: Ambhita Dhyaningrum
Penerbit: Tiga Serangkai
Cetakan: Pertama, Oktober 2008
Tebal: 222 hlm
ISBN: 978-979-045-110-0
Bintang: 3/5

Seri Selanjutnya: The Half Romance

6 thoughts on “The Half Mask by Deasylawati P.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s