Satu Hari Bersamamu by Mitch Albom

For One More Day Sehari Bersamamu

“Selalu ada cerita dibalik semuanya. …Kadang ceritanya sederhana, dan kadang keras dan menghancurkan hati. Tapi dibalik semua ceritamu selalu terdapat cerita ibumu, karena ceritanya adalah awal dimulainya ceritamu” [Maria-h. 241]

Penyesalan yang terus mengikuti Charless Benetto membulatkan niatnya untuk bunuh diri.  Menurutnya, hanya kematian yang dapat “melegakan” hidupnya, setelah bergelas-gelas bir ternyata tak mampu melenyapkan kepedihannya. Percobaan bunuh diri yang gagal, menggiringnya ke rumah masa kecilnya. Tempat tinggal Sang Ibu, yang telah meninggal 8 tahun yang lalu, tiba-tiba muncul  kembali di hadapan Charles.

“Aku melihatnya (Ayah) setiap kali mengayun pemukul atau melempar bola, yang menjadi alasan mengapa aku tak pernah berhenti bermain bisbol, mengapa aku terus bermain setiap musim semi dan musim panas …” [Charles-h.138]

Kau bisa menjadi anak papa atau anak mama. Tapi tidak bisa keduanya. Pilihan yang disodorkan Ayah Charles, membuatnya ‘menyisihkan’ Sang Ibu hampir sepanjang hidupnya. Kehadiran Sang Ibu, yang terasa seperti bangkit dari kubur, memperlihatkan banyak hal sekaligus menjawab tanda-tanya besar yang terjadi pada kedua orangtuanya.

Alur maju mundur yang dijadikan kerangka cerita, tidak menyulitkan sama sekali. Meski imajinasinya tak ‘seliar’ Meniti Bianglalapesan yang tersirat sama-sama dalam dan menyentuh. Bab-bab berjudul “Saat-saat ketika Ibu Membelaku” dan “Saat-saat ketika Aku Tidak Membela Ibu”, menjadi ‘pengiring’ perjalanan Charles dan Ibunya ke berbagai tempat dan kenangan. Bab-bab yang memperlihatkan, kasih sayang Ibu yang tidak berkurang, meski seberapapun kau tidak mempedulikannya.

“Aku melakukan apa yang pasti akan kaulakukan juga. Aku memeluk ibuku seolah tak akan melepasnya lagi.” [Charles-h. 56]

…. Karena semua cerita kehidupanmu akan selalu berhulu pada ibu, dimana kau pernah terlahir.

Judul: Satu Hari Bersamamu
Judul Asli: For One More Day
Penulis: Mitch Albom
Penerjemah: Olivia Gerungan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: Kedua, April 2008
Tebal: 248 halaman
ISBN: 978-979-22-3433-6
Bintang: 4/5

4 thoughts on “Satu Hari Bersamamu by Mitch Albom”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s