Benteng Digital by Dan Brown

CAM03679

Jika kita pengawas masyarakat, lalu siapa yang mengawasi kita dan menjamin bahwa kita tidak berbahaya ~ [Tankado – h. 182]

Meski koleksi Dan Brown lumayan lengkap, saya baru menuntaskan The Da Vinci Code dan Angel & Demons, itupun sudah sangat lama. Jika dua novel sebelumnya yang pernah saya berbicara tentang sejarah dan agama, kali ini Dan Brown memberikan suasana lain, yaitu dunia teknologi dunia maya yang berkaitan dengan sandi.

Sandi “Benteng Digital” yang dibuat Tankado menjadi awal petualangan dan kekalutan NSA, salah satu badan Amerika yang bertugas menjaga keamanan dengan keahlian memecahkan sandi. Ketidaksetujuan Ensei Tankado atas penyadapan yang melewati batas privasi oleh pihak NSA membuatnya geram. Jika Benteng Digital tersebar, maka TRANSLTR yang dibangga-banggakan NSA hanya akan menjadi sampah.

Benteng Digital telah menyebar, tapi sayangnya Tankado tewas dan kunci sandi pun mengembara dari tangan ke tangan. Petualangan pun berlanjut dengan pengejaran kunci yang berbuah kematian pada setiap pemegangnya.

Awalnya, saya berpikir akan ‘bertemu’ dengan banyak sandi yang harus dipecahkan, tapi cerita lebih banyak memberikan informasi berkenaan dengan dunia digital, terutama pada sistem keamanan. Misterinya tidak terlalu terasa, tapi ketegangannya lumayan terjaga dari awal sampai akhir.

Meski sudah terbaca akan seperti apa alur ceritanya bahkan saya sudah bisa menebak dalangnya sebelum menuntaskan setengah buku, Dan Brown cerdik meramu cerita per bab yang membuat pembacanya merasa penasaran untuk melanjutkan bacaannya apalagi saya suka bab-bab pendek. Hanya saja, untuk masalah karakter tokoh, tidak ada perbedaan yang ekstrim dari novel Dan Brown yang pernah saya baca sebelumnya kabarnya di novel-novel yang lain juga tidak jauh berbeda untuk masalah karakter.

Judul: Benteng Digital
Judul Asli: Digital Fortress
Penulis: Dan Brown
Penerbit: Serambi
Cetakan: Pertama, Mei 2006
Tebal: 568 hlm
ISBN: 9791600910
Bintang: 3/5

8 thoughts on “Benteng Digital by Dan Brown”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s