Lizzie ZipMouth by Jacqueline Wilson

Lizzie ZipMouthPernah ngambek saat masih kecil? Atau malah menghadapi anak yang ngambek? Ngambek adalah salah satu bentuk protes yang dilancarkan seorang anak [bahkan orang dewasa] karena keinginannya tidak terpenuhi, atau situasi tidak seperti yang diharapkannya. Protes ngambek itupun dilakukan Lizzie ketika Ibunya memutuskan untuk menikah lagi. Lizzie benci ayah tiri karena pengalaman masa silamnya yang tidak menyenangkan.

Tapi, apa sih yang bisa dilakukan anak-anak kalau orangtua sudah memutuskan? Lizzie melancarkan aksi tutup mulut, yang membuatnya dijuluki ‘Lizzie Si Mulut Terkunci’ oleh Jake, salah satu saudara tirinya. Lizzie hanya diam setiap kali ditanya oleh siapapun. Lizzie tetap diam saat kamar barunya ditata tidak sesuai dengan keinginannya. Lizzie tak bergeming melihat es krim coklat besar yang dibelikan ayah tirinya, Sam. Lizzie diam, menutup rapat bibirnya, hingga suatu saat dia bertemu ratusan koleksi cantik yang sudah lama diinginkannya. Lizzie menemukan kegembiraan meski didapatkan dari seseorang yang dikenal menjengkelkan dan tukang marah.

Kali pertama, saya membaca karya Jacqueline Wilson adalah Kisah Tracy Beaker. Terasa sekali perbedaan karakter antara Tracy dan Lizzie, sama-sama memberontak tapi dengan cara yang berbeda. Setiap anak memang memiliki cara sendiri-sendiri untuk menyampaikan kekesalan dan kesedihannya, tinggal bagaimana kejelian orangtua untuk mengenali dan mencari solusi/menghibur si anak agar mereka tidak merasa sendirian.

Judul: Lizzie Si Mulut-Terkunci
Judul Asli: Lizzie ZipMouth
Penulis: Jacqueline Wilson
Penerjemah: Listiana Srisanti
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: Pertama, Januari 2003
Tebal: 96 hlm
Bintang: 4/5

7 thoughts on “Lizzie ZipMouth by Jacqueline Wilson”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s