Esperanza Rising by Pam Munoz Ryan

Esperanza Rising

Sadar kan, kalau kesedihan seringkali lebih banyak memberi kita pelajaran hidup dibandingkan kebahagiaan? Dan pastinya, kesulitan juga menempa kita menjadi lebih kuat dibandingkan kemudahan. Begitulah yang terjadi dalam alur kehidupan Esperanza Ortega, yang sebelumnya hidup laksana putri kerajaan dengan segala pelayanan dan hadiah-hadiah di sekitarnya.

Namun, kematian Papa membuat kehidupan Esperanza berputar 180 derajat. Berekar-ekar perkebunan anggur dan rumah besarnya lenyap terbakar akibat keserakahan Tio Luis, paman tiri Esperanza. Demi menghindari lamaran Tio Luis kepada Ramona, Mama Esperanza, mereka memilih berimigrasi ke Amerika Serikat menjadi buruh. Sang putri pun berubah menjadi ‘rakyat jelata’.

Novel ini berlatar sejarah pada era 1930-an, dimana masih terjadi rasisme dan perbudakan di Amerika Serikat. Penulis menggambarkan kehidupan para imigran dan kepayahan mereka untuk mencari nafkah dengan upah yang tak sepadan. Aksi protes hingga mogok kerja menjadi gambaran lain dari kepasrahan beberapa keluarga yang tetap bekerja meski tidak diperlakukan secara manusiawi demi mendapatkan sesuap makanan.

Judul: Esperanza Rising
Penulis: Pam Munoz Ryan
Penerjemah: Maria M. Lubis
Penerbit: Atria
Bintang: 4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s