A Death in Vienna by Frank Tallis

A Death in Vienna

Kalau selama ini novel detektif lebih banyak mengangkat masalah teknis dalam memecahkan kasus, A Death in Vienna lebih banyak menggunakan sisi psikologis manusia. Dokter Liebermann, membantu Inspektur Rheinhardt menangani kasus kematian Charlotte Lowenstein. Kematian yang terjadi di dalam kamar terkunci dari dalam pernah juga saya temui pada kasus Sherlock Holmes, The Sign of Four, tapi yang lebih menarik adalah Frau Lowenstein ditemukan tertembak di bagian jantung, tanpa adanya senjata atau peluru di dalam tubuhnya.

Dengan menggunakan keahlian di bidang psikologi, Dokter Liebermann mewawancarai dan mengamati gestur para anggota perkumpulan Lowenstein yang kerap melakukan pemanggilan arwah. Well, ya, ceritanya agak mistis. Charlotte Lowenstein dianggap sebagai medium, orang yang dianggap memiliki kemampuan memanggil arwah, ternyata perkumpulan ini tak lagi hanya berunsurkan mistis, tapi juga skandal dan penipuan.

Selain kasus Lowenstein, Dokter Liebermann juga menangani pasiennya, Miss Lydgate yang mengalami batuk-batuk dan kelumpuhan tangan kanan. Mengejutkannya, tangan tersebut bisa bergerak, bahkan memukul, saat salah seorang dokter mendekatinya. Dokter Liebermaan berkeyakinan ada masa lalu yang menyimpan trauma yang menyebabkan penyakit Amelia Lydgate Lydgate. Adanya kepribadian ganda bernama ‘Katherine’ semakin menguatkan argumennya.

Asyik baca A Death in Vienna, gak hanya berkutat dengan kemuraman, tapi juga romantisme Wina lewat musik-musik klasik dan makanannya. Dan tak luput kisah romansa antara Dokter Liebermann, Clara dan Amelia Lydgate yang masih belum jelas di seri pertama The Liebermann Papers.

Judul: A Death in Vienna
Penulis: Frank Tallis
Penerjemah: Esti A. Budihabsari
Penerbit: Qanita
Bintang: 4/5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s