The Sign of Four by Sir Arthur Conan Doyle

The Sign of Four

“Otakku, … tidak puas dengan berdiam diri. Beri aku masalah, beri aku pekerjaan, beri aku sandi yang paling rumit, atau analisis yang paling berbelit-belit, dan aku akan kembali menjadi diriku yang semula.” [Sherlock Holmes – h. 7]

Itulah Sherlock Holmes, dia akan “sakit” jika otaknya tidak diajak bekerja untuk memecahkan misteri. Penyelesaian dengan metode deduksinya menjadi hal yang menarik di setiap kasus yang ditanganinya bersama Dr. Watson. Begitupun dengan kasus yang melibatkan empat pemburu harta. Berawal dari kedatangan Mary Morstan ke Baker Street demi meminta bantuan atas hilangnya ayahnya, Kapten Arthur Morstan. Ayah Mary telah menghilang sejak 10 tahun yang lalu dan empat tahun kemudian Mary mendapatkan kiriman mutiara bernilai tinggi setiap hari ulang tahunnya.

Tak disangka, kehilangan ayah Mary berkaitan dengan pemburuan harta karun Arga yang diketahui lewat seorang pria kecil bernama Thaddeus Sholto. Sayangnya, misteri kali ini tidak hanya berhubungan dengan batu-batu mulia yang sangat berharga, tapi juga kelicikan dan pengkhianatan yang tak ragu berujung dengan pembunuhan.

Masih mengandalkan kejelian Sherlock Holmes, kasus pemburuan harta tidak terlalu mendebarkan tapi tetap membuat penasaran. Adegan yang paling menarik adalah saat Sherlock Holmes menganalisa kematian Bartholomew Sholto, saudara kembar Thaddeus. Setelah itu, cerita cenderung datar dan sedikit mengangkat sisi romantisme Dr. Watson. Akhir ceritanya terasa ironis, saat mendengarkan si pria berkaki kayu menjabarkan asal muasal harta karun dan segala aksi pembunuhan dengan terperinci demi memenuhi obsesi Sherlock Holmes yang begitu mencintai segala kedetailan kasusnya.

Judul: Empat Pemburu Harta
Judul Asli: Sherlock Holmes, The Sign of Four
Penulis: Sir Arthur Conan Doyle
Penerjemah: Sendra B. Tanuwidjaja
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetak: Ketiga, Januari 2006
Tebal: 216 hlm
Bintang: 3/5

5 thoughts on “The Sign of Four by Sir Arthur Conan Doyle”

  1. pengen deh cerita ini dijadiin serial di sherlock season 3
    aku dulu punya ini. sekarang entah kemana. sekarang buku holmes ada di mana-mana euy. aneka ragam penerbit. bingung mau beli yang mana :))

    1. serial sherlock dimana?

      iya, sekarang yang lagi gencer nerbitin sherlock holmes tuh visi media, banyaaak banget

      1. ooh, ada translatenya gak klo download? hehehe… agak kerja keras kalo nonton gak ada translatenya😀

      2. ada. tapi yang punyaku ini subtitle-nya bahasa inggris. hehe. bisa sih nyari di subscene. kayaknya udah ada. di lapak dvd juga mungkin udah ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s