The Notting Hill by Charles Felix

Novel detektif pertama di dunia. Bagi penggemar bacaan detektif sudah pasti akan tertarik dengan kalimat yang nangkring di sampul depan, buku The Notting Hill Mystery. Saya pun penasaran ketika pertama kali melihat buku ini di website Penerbit Visi Media. Hanya saja, kurang sreg dengan desain sampulnya yang menurutku kurang terasa aura misteri.

Kisah misteri ini dimulai dari keinginan sebuah perusahaan asuransi menyelidiki salah satu kliennya, Baron R. Ralph Henderson, seorang detektif yang dipilih untuk menangani kasus polis asuransi bernilai ribuan poundsterling. Keganjilan mulai dilaporkan detektif Ralph kepada pihak asuransi dalam bentuk korespondensi. Kasus menjadi semakin menarik ketika ditemukan keterkaitannya dengan kisah masa lalu dan perkara kematian suami-istri Anderson yang sempat ditutup tanpa penyelesaian.

Gaya penceritaan dengan cara korespondensi menjadi menarik bagi saya karena selama ini jarang menemukan buku berjenis detektif yang penulis yang memakai model seperti ini. Pengungkapan kasus disampaikan lewat surat hasil wawancara/pernyataan saksi/ orang yang terkait, surat menyurat yang terjadi pada masa lalu/ kini, dan buku harian. Kenikmatan membaca pun tak lepas dari kemampuan penerjemah mengalih-bahasakan cerita klasik ini dengan baik. Jadi tidak sia-sia juga perjuangan penerjemah untuk memberikan kemudahan pembaca mencerna isi cerita [baca: link].

Sebenarnya pelaku antagonis sudah disampaikan sejak awal, alur penipuan pelaku pun mulai terbaca sejak pertengahan cerita, tapi yang membuat saya ingin menuntaskan buku ini adalah bagaimana cara penulis menguak perkara lewat laporan-laporan detektif Ralph yang “hanya” berupa lembaran kertas yang menurutku cukup rumit. Bagi saya, yang malas disuruh mengingat angka, bagian yang agak menyebalkan dalam buku ini adalah keinginan penulis agar pembaca mengingat tanggal-tanggal dan memperhatikan keterkaitan laporan satu dengan yang lain, terlihat dari catatan kaki.

Tak hanya gaya penceritaan yang menarik, profil dari penulis pun tak kalah unik. Hampir 150 tahun sosoknya menjadi misteri karena ketiadaan bukti-bukti yang menghubungkan penulis dan pihak penerbit. Majalah Once a Week adalah media pertama yang menerbitkan The Notting Hill Mystery dalam bentuk serial dan kemisterian tersebut baru terungkap pada tahun 2011. Hebat ya cara penulis menyembunyikan identitasnya.

Judul: The Notting Hill Mystery
Penulis: Charles Felix
Penerjemah: Lulu Fitri Rahman
Penerbit: VisiMedia
Cetak: Pertama, Juli 2012
Tebal: xii + 252 hlm
Bintang: 4/5

3 thoughts on “The Notting Hill by Charles Felix”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s