9 Dari Nadira by Leila S. Chudori

Njawani, itu yang saya tangkap saat pertama kali melihat ilustrasi bagian sampul buku, dan memang itulah yang membuat saya tertarik untuk membeli. Hanya saja, buku ini sempat mendekam cukup lama di dalam kardus hingga lembarannya menguning. Sedih juga, apalagi setelah selesai membaca ternyata konflik cerita sangat pelik tapi menarik. Permainan psikologis menjadi menu utama kumpulan cerita 9 Dari Nadira.

Meski sosok Nadira terlihat kuat, tapi tidak demikian dengan kejiwaannya. Sejak menemukan Sang Ibu meninggal akibat bunuh diri, Nadira terus menerus mengantongi pertanyaan, ‘kenapa?’ hingga mempengaruhi psikologisnya. Air mata pun tak jua mengalir sepanjang mengurus pemakaman, sampai dia menemukan apa yang dicarinya, Bunga Seruni. Pekerjaan sebagai wartawan menjadi pelarian Nadira dan kolong meja kerja menjadi tempat ternyaman baginya untuk merebahkan tubuh.

9 Dari Nadira merupakan kumpulan cerita yang memiliki keterkaitan hingga membentuk novel dengan sudut pandang dari banyak tokoh, bahkan orang ‘luar’. Sepanjang membaca 9 cerita, suram menjadi aura yang membalut hampir di semua cerita. Saya salut dengan kemampuan penulis membangun karakter dan psikologis para tokohnya, pelan tapi berasa. Namun, bagi pembaca yang menyukai akhir cerita yang tidak menggantung, sepertinya akan sangat kecewa membaca kisah Nadira, dkk. Hingga lembaran terakhir, banyak pertanyaan yang tersisa yang memang tak perlu dipaksakan untuk terjawab.

Judul: 9 Dari Nadira
Penulis: Leila S. Chudori
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia
Cetak: Pertama, Oktober 2009
Tebal: xi + 270 hlm
Bintang: ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s