Jangan Lupa Aku Mencintaimu by Clara Ng

Perceraian sudah pasti akan memiliki dampak psikologis pada anak. Namun, kadang perceraian menjadi solusi yang tidak bisa disingkirkan begitu saja, bahkan tak ayal menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi masalah suami-istri. Salah satu permasalahannya, ketika perceraian terjadi pada suami istri yang telah memiliki anak, terutama jika sang anak sudah dapat diajak berkomunikasi.

Donna dan Daniel, adalah anak-anak yang kesehariannya dipenuhi dengan pertengkaran orangtuanya.  Kondisi inilah yang membuat Donna bertanya, “Bu, apakah Ayah akan meninggalkan kita?” Sang Ibu pun coba menyampaikan apa ada tentang kemungkinan tersebut dan penyebabnya. Kalimat yang digunakan sang ibu pun sederhana dan tidak berkesan menghindar.

Di lain waktu, sang Ayah pun turut menyampaikan kenapa perceraian dapat terjadi dan menjadi pilihan terakhir. Lagi-lagi, penyampaian Sang Ayah tidak bertele-tele dan tetap mencerminkan kasih sayang. “Ayah dan Ibu selalu punya waktu untuk mendengarkan ceritamu. Kamu ada di sini, di hati Ayah, kemana pun Ayah pergi.” 

Sesuai dengan labelnya, buku ini diperuntukkan untuk anak berusia di atas 7 tahun dengan bimbingan orangtua. Meski begitu, kisah Donna juga sangat layak untuk dikonsumsi orang dewasa. Saya sendiri menjadi belajar dari Sang Ayah dan Ibu yang berani menghadapi, berdialog dan tidak meremehkan anak-anak

Judul: Jangan Lupa Aku Mencintaimu

Penulis: Clara Ng

Ilustrator: Emte

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Cetak: 2008

Tebal: 24 hlm

Bintang: ***

Seri Bagai Bumi Berhenti Berputar lainnya:

Pohon Harapan; Seribu Sahabat Selamanya; Yang Paling Istimewa; Kerlip Bintang di Langit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s